Tidak asing lagi bahwa Windows10 memang telah menyita banyak perhatian pengguna komputer diseluruh dunia. Gempar gempur yang dilakukan pihak microsoft terlihat sejak pertama perilisan, disetiap pengguna windows 7 & 8 telah menerima update beserta upgradenya ke windows10.
Memaksimalkan Kinerja Windows 10
Memang saya akui windows10 telah stabil dan tentunya sangat baik untuk pengguna UEFI mode, dari awal boot itu sudah sangat terasa. Tapi untuk yang tidak memiliki fitur tersebut dalam perangkat komputernya, maka boot yang dihasilkan tidaklah optimal seperti pengguna UEFI mode.

Berikut ini cara yang saya gunakan untuk memaksimalkan penggunaan windows10 agar lebih baik lagi kinerjanya.

#1. Cara agar Boot Windows10 lebih cepat
Gunakan tombol Windows + R untuk membuka menu run, dan ketikkan msconfig seperti gambar berikut.
Setelah itu akan kita temukan tampilan selanjutnya, dan masuk kebagian Boot - Advanced Options dan setting pada Number of Processors menjadi 2 atau lebih tergantung komputer yang akan kita setting. Disini komputer yang saya gunakan hanya support hingga 2 core.
Setelah itu bisa di klik OK dan OK lagi setelah itu coba direstart atau shutdown serta coba lihat hasilnya, dengan cara ini saya telah bisa memaksimalkan Booting dari windows 10 dan membuatnya lebih cepat dari sebelumnya.

#2. Agar Menu Bisa tampil Lebih cepat
Walaupun trik ini tidak begitu terasa, namun apa salahnya kan buat sahabat iwanberbagi coba. Masih seperti trik yang pertama, masuk ke tombol Windows + R dan kali ini cobat ketikkan Regedit. Dan akan tampil window.

Masuk seperti gambar dibawah, atau lebih tepatnya tahapan seperti berikut :
  1. HKEY_CURRENT_USER
  2. Control Panel
  3. Desktop
  4. MenuShowDelay
Klik pada MenuShowDelay dan ganti pengaturanny menjadi seperti berikut :
Tujuannya adalah agar windows yang ada itu akan terload hanya dalam kurun waktu yang lebih singkat, dan menghasilkan kesan lebih cepat terload dari biasanya, ini cocok buat kita yang tidak suka menunggu lama.

#3  Atur agar processor kita bekerja untuk latar belakang aplikasi
Mengapa saya menganjurkan hal ini kepada sahabat iwanberbagi, karena aplikasi yang berjalan dilatar belakang itulah yang perlu mendapatkan perhatian khusus, karena dengan lancarnya aplikasi di belakang maka akses untuk aplikasi programpun akan lebih maksimal.

Untuk mengganti ke fitur ini sobat hanya perlu klik kanan This PC (dulu namanya my computer) Setelah itu akan ada tampilan selanjutnya, pilih saja Advanced System Settings dan akan tampi seperti gambar dibawah ini, dan sesuaikan petunjuknya.
Setelah itu klik Ok dan Ok aja yah.

#4. Mematikan start-up service agar lebih ringan
Yang dimaksud start-up ini ialah aplikasi yang berjalan pada saat pertama kali komputer kita gunakan, nah aplikasi seperti inilah yang biasanya memberatkan fungsional komputer ataupun windows 10 kita.

Dilain sisipun kita belum akan menggunakan aplikasi tersebut, kenapa harus terload secara langsung kan..? Aplikasi yang biasa meload atau start-up sendiri adalah seperti berikut :
  1. IDM (internet download manager)
  2. Microsoft OneDrive
  3. Google Drive
  4. Google Crome
  5. dll
Masih banyak lagi, dan setidaknya itulah beberapa contoh yang biasanya terload otomatis namun belum juga saya perlukan untuk dipakai operasi.

Untuk mematikan beberapa aplikasi yang tidak terpakai saat sedang start-up adalah dengan klik kanan pada taskbar seperti gambar berikut :
Pilih Task Manager dan akan tampil tampilan berikutnya, bisa pilih pada bagian start-up dan bisa pilih aplikasi apa yang ingin kita disable atau matikan fungsi start-upnya.

#5. Kesimpulan
Semua cara diatas itu adalah hal yang biasa saya lakukan guna memaksimalkan kinerja dari windows 10, tentu juga semuanya bergantung dari hardware komputer kita sendiri. Kalau ada masalah di harddisk ataupun masalah di perangkat hardwarenya yah jangan harap bisa lebih baik.

Selain solusi nya dengan membeli laptop baru. hehe Tapi, jika laptop sobat masih dalam keadaan normal, seharusnya dengan cara ini akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Semoga bermanfaat.. :)
Share this with short URL:
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed