Hari ini atau tepatnya tanggal 18 Juli 2016 handphone pacar saya bermasalah, kronologinya sih handphone Oppo Joy tersebut mati karena habis batrainya, dan ketika sudah dicas seperti biasa dan menunjukan terisi sekitar 40% dicobalah untuk menghidupkannya, dan ternyata hanya berhenti pada tulisan Oppo  aja.
Pengalaman Mengatasi Bootloop Oppo Joy R1001 dengan mudah
Akhirnya saya tungguin aja sampe satu jam penuh, nggak juga nimbul tuh menu oppo. Mulai timbul kecemasan saya terhadap tuh handphone, takutnya rusak pada Emmc nya yang kita tahu sendiri kalau emmc tersebut sudah rusak tidak akan bisa kita gunakan lagi. Dan harus di tanam emmc baru yang sudah diisi firmeware oppo itu sendiri.

Mencoba Cara Seperti Biasa
Akhirnya saya mencoba cara lama yang biasanya berhasil mengatasi Bootloop beberapa handphone yang pernah saya kerjakan. Berikut cerita singkat nya :
  1. Handphone dalam keadaan mati.
  2. Tekan Tombol Power + Arah bawah secara bersamaan hingga masuk ke recovery mode.
  3. Pilih bahasa English dengan cara menekan tombol power.
  4. Akan tampil menu Recovery Oppo Joy
  5. Pilih Wipe data and Cache dan pilih Yes
  6. Setelah itu, pilih reboot untuk memuat ulang oppo joy tersebut.
Ternyata dengan cara diatas tidak ada efek yang timbul, sudah saya tungguin sampe satu jam lebih lagi gak ada perubahan sama sekali ternyata. Jadi cara ini patut dicoba walaupun tidak ada efeknya, sebelum melangkah lebih jauh lagi ke cara kedua.

Mereset File EMMC Oppo Joy
Selanjutnya saya mencoba mereset langsung file emmcnya siapa tahu masih bisa, namun kalau gak bisa juga pasti ada kemungkinan emang sudah rusak emmcnya. Tapi, nekat aja deh nyobainnya daripada penasaran dan handphone juga belum tau bisa atau nggaknya kan. hehe
  1. Handphone Oppo dalam keadaan mati
  2. Tekan Tombol Power + Arah atas secara bersamaan hingga masuk ke menu eemc.
  3. Pilih menu yang ada tulisan EMMCnya, karena tulisan yang lain biasanya tulisan cina gitu.
  4. Handphone akan merestart secara otomatis.
Dengan cara kedua ini, dan setelah handphone merestart dengan sendirinya. Saya tungguin handphonenya hingga hidup kurang lebih satu menit, dan alhamdulillah nampil juga menu oppo joy nya seperti baru pertama kali buka kotak.

Tapi, dari sepengalaman saya jika cara kedua sudah dilakukan dan tidak ada juga respon dari handphonenya. Maka itu sudah dapat dipastikan kalau EMMCnya sudah rusak dan harus diganti. Biaya gantinya lumayan juga biasanya sekitar IDR200.000 - IDR400.000. Mending beli hp baru kan sobat. Semoga bermanfaat.. :)
Share this with short URL:
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed