IwanBerbagi.com - Setelah dua tahun yang lalu saya share cara membuat MultiBoot Flashdisk yang berfungsi membuat satu flashdisk dapat difungsikan untuk banyak file boot. Namun, cara tersebut gagal (gak akan mau boot) untuk menginstall laptop yang sudah menggunakan UEFI mode, terutama perangkat laptop terbaru sudah menggunakan scurity system ini.

Selain itu juga, laptop dengan scurity yang seperti ini akan maksimal jika digunakan untuk pastisi harddisk yang menggunakan format GPT. Jika kamu seorang yang sering menginstall laptop ataupun service saya rasa kamu akan mudah mengerti hal ini.
Sebenarnya cara yang paling mudah untuk menginstall perangkat dengan UEFI mode adalah dengan menggunakan burning ke DVD dan otomatis system windowsnya akan berfungsi untuk UEFI mode tersebut. Dan yang perlu kamu perhatikan ialah, pengaturan pasa BIOS perangkat tersebut, apakah sudah aktif pengaturan UEFI nya atau belum.
Untuk lebih jelasnya baca artikel ini lebih lanjut.

Download Aplikasi Rufus
Sebelum kamu mencoba membuat installernya alangkah baiknya kamu download file rufunya pada website rufus https://rufus.akeo.ie/ dan kamu bisa mendownload versi terbaru dari sana. Atau jika merasa ribet kamu bisa menggunakan link download berikut.

Jika sudah kamu download, maka kamu harus aplikasi tersebut, aplikasi tersebut sifatnya portable tanpa harus diinstall terlebih dahulu. Aplikasi ini juga gratis tanpa banyak iklan pada aplikasinya, dan tanpa bayaran sepersenpun. Untuk menghargai yang mengembangkan aplikasi ini sepatutnya pada wesitenya kita klik iklan pada website tersebut.

Membuat Installer Windows 10 GPT UEFI
Untuk membuatnya kamu hanya perlu perhatikan gambar gif yang saya upload, kamu hanya perlu memperhatikan keterangan yang saya berikan.
Sayar rasa pada gambar gif tersebut sudah cukup jelas yah langkah demi langkah yang perlu kamu lakukan. Tapi yang perlu lebih diperhatikan adalah pada bagian "Partition scheme for UEFI" disana aterdapat beberapa pilihan sebagai berikut :
  1. MBR partition scheme for BIOS or UEFI - kamu pilih ini jika kamu ingin menggunakan pada perangkat yang menggukan sistem BIOS biasa dan pakai format harddisk NTFS (biasanya untuk perangkat model lama).
  2. MBR partition scheme for UEFI - kamu pilih ini jika kamu pastikan perangkat yang akan kamu install menggunakan UEFI namun menggunakan format harddisk NTFS (legacy mode).
  3. GPT partition scheme for UEFI - kamu pilih yang ini jika kamu perkirakan bahwa harddisk yang ada pada perangkat tersebut terformat GPT dan hanya bisa boot menggunakan mode ini (didalam bios menggunakan UEFI mode).
Semua yang ada pada flashdisk kamu akan terformat habis, jadi jika ada data penting alangkah baiknya kamu backup atau simpan ditempat yang lebih aman terlebih dahulu.
Langkah terakhir kamu hanya perlu klik start dan tunggu hingga selesai, prosesnya tergantung dari besar file iso yang kamu akan gunakan untuk installer. Selain Windows 10 cara ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat installer Ubuntu terbaru yang sudah support UEFI mode. Semoga bermanfaat.
Share this with short URL:
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed