IwanBerbagi.com - Untuk para blogger pasti tidak akan asing dengan namannya Tag Kondisional, atau mungkin beberapa dari kamu masih ada yang tidak tahu apa itu tag kondisional. Tag Kondisional adalah sebuah tag yang biasanya digunakan untuk mengatur elemen-elemen tertentu akan ditampilkan atau mungkin tidak ditampilkan.

Penggunaannya juga memililiki banyak alasan, terutama karena elemen yang dimaksud tidak bagus jika ditampilkan, namun baik untuk ditampilkan di beberapa kondisi. Misalnya, kamu akan menampilkan "Posting Terbaru" pada blog kamu. Nah, namanya posting terbaru tidak akan cocok jika kamu tampilkan juga pada halaman utama blog kamu, yang mana memang sudah ada posting terbaru disana.

Sebagai contoh lainnya kamu bisa mengecek "Posting Terbaru" pada blog saya ini, posting terbaru hanya akan tampil pada halaman postingan, namun pada halaman utama blog tidak akan tampil, dan cenderung saya tampilkan iklan adsense.
Mengenal Beberapa Penggunaan Tag Kondisional Blogger
Untuk mengatur hal-hal tersebut kamu memerlukan Tag Kondisional, tag kondisional ini juga akan membuat loading blog kamu lebih ramah, karena kod-kode yang tidak seharusnya ditampilkan bisa kita minimalisir untuk tidak ditampilkan.

1. Tag Kondisional Halaman HomePage

Kamu mungkin sudah tahu apa itu HomePage, iya itu seperti halaman utama kamu biasanya seperti ini : www.iwanberbagi.com jadi dengan menggunakan tag kondisional ini kamu akan mendapati widget tertentu hanya akan tampil pada halaman muka. untuk itu tag kondisionalnya seperti berikut ini.
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
Kode/Widget Kamu Disini
</b:if>
Atau juga bisa dituliskan sebaliknya seperti berikut ini, yang menandakan widget tertentu tidak akan tampil pada halaman muka.
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
Kode/Widget Kamu Disini
</b:if>
Maksud saya sebaliknya kamu bisa melihat perbedaan kode == dan kode != kode pertama menandakan sama dengan, sedangkan kode kedua menandakan kecuali.

Jadi jika kode pertama mendandakan widget hanya tampil pada halaman muka atau homepage, namun kode yang kedua tidak akan tampil pada halaman homepage melainkan sebaliknya.

2. Tag Kondisional Halaman Posting

Seperti halaman yang kamu sedang baca ini adalah Halaman Posting atau jika ditulis berdasarkan URL akan tertulis seperti berikut : http://www.iwanberbagi.com/2017/05/mengenal-beberapa-penggunaan-tag.html . Jadi widget tertentu hanya akan tampil pada format halaman Posting seperti itu.

Format tag kondisionlnya seperti berikut :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
Kode/Widget Kamu Disini
</b:if>

3. Tag Kondisional Halaman Label

Tag kondisional jenis ini biasanya disematkan pada template dengan URL yang tertulis sepert berikut : http://www.iwanberbagi.com/search/label/Template?&max-results=6 .

Tag kondisionalnya akan tertulis seperti berikut :
<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
Kode/Widget Kamu Disini
</b:if>

4. Tag Kondisional Halaman Halaman Tertentu

Tag kondisional ini biasanya akan digunakan pada kode edit template, untuk membuat tampilan khusus pada Halaman Tertentu.

Kodenya sebagai berikut :
<b:if cond='data:blog.url == &quot;URL HALAMAN&quot;'>
Kode/Widget Kamu Disini
</b:if>

5. Tag Kondisional Halaman Halaman Statis

Seperti halaman yang biasanya kita gunakan untuk menyimpan kode Contact Form, Daftar Isi, yang biasanya bertuliskan seperti berikut : http://www.iwanberbagi.com/p/daftar-isi.html

Kodenya akan tertulis seperti berikut :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
Kode/Widget Kamu Disini
</b:if>

Sebenarnya masih ada beberapa Tag Kondisional lagi, namun yang sering saya gunakan dan saya lihat pada template-template blogger adalah seperti 5 Tag Kondisional tersebut. Untuk penggunaan lebih lanjut kita bisa membahasnya pada kolom komentar. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi sumber referensi pada artikel saya kali ini. Semoga Bermanfaat.

Sumber Referensi : http://blog.kangismet.net/2012/10/tag-kondisional-dan-cara-penggunaannya.html
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed