Cara Install dan Penggunaan Mi Flash Tool Xiaomi Di Linux

IwanBerbagi.com - Salah satu yang sangat penting bagi seseorang yang suka ngoprek dan install ulang perangkat android tentunya saya membutuhkah software pendukungnya untuk bisa eksekusi berbagai jenis rom.

Jika sebelumnya kita sudah membahas Cara install Adb Fastboot, nah karena tidak semua masalah bootloop smartphone itu bisa diatasi menggunakan Twrp, maka kita tetap membutuhkah flash menggunakan aplikasi lain. Pada artikel kali ini saya akan bahas Mi Flash Tool untuk pengguna Linux seperti saya.

Sebelumnya kamu harus mendownload dahulu filenya sebagai berikut :
Mi Flash Tool Linux
Sebelum melangkah lebih lanjut kamu pastikan kamu sudah menginstall Adb Fastboot di linux kamu, jika belum pelajari install nya disini
Setelah kamu mengerti dan sudah mendownload file diatas jangan lupa untuk Ekstrak file tersebut, lalu kamu harus perhatikan folder XIAOMI-FILE yang ada didalam file yang kamu download tersebut.
Cara Install dan Penggunaan Mi Flash Tool Xiaomi Di Linux
Folder tersebut berfungsi untuk menyimpan file yang berekstensi .tgz atau tepatnya file Rom yang ingin kamu gunakan untuk flash, ingat yah .tgz bukan .zip

Untuk menyimpan file didalam folder tersebut kamu harus masuk ke mode root pada file manager kamu, pada contoh kali ini saya menggunakan nemo file manager yang ada di linux mint.
  1. Klik kanan pada folder XIAOMI-FILE tersebut.
  2. Selanjutnya klik Open as Root
  3. Jika ketemu kamu sudah bisa untuk menyimpan file Rom yang kamu ingin gunakan didalam folder tersebut.
Selanjutnya kamu perlu mengeksekusi file yang ada didalam folder Xiaomi_MiFlash_new yang kamu download tadi, kamu hanya perlu klik kanan pada folder tersebut dan kamu pilih Open in Terminal lebih jelasnya kamu perhatikan gambar berikut :
Cara Install dan Penggunaan Mi Flash Tool Xiaomi Di Linux
Selanjutnya kamu perlu untuk eksekusi fil yang ada difolder tersebut dengan perintah berikut (masuk mode root) :
sudo ./go.sh
Jika berhasil kamu akan melihat tampilan seperti berikut :
Cara Install dan Penggunaan Mi Flash Tool Xiaomi Di Linux
Pada gambar tersebut kamu bisa lihat kalau disitu ada beberapa hal :
  1. bfb868137cf4 fastboot - menandakan smartphone kamu sudah terdeteksi dengan baik di laptop kamu dan siap untuk di eksekusi.
  2. Pada perintah No. 1 itulah file rom smartphone yang ingin kamu install.
Untuk eksekusinya kamu hanya perlu klik No.1 yaitu file .tgz dan menunggu proses ekstrak filenya sampai kamu mendapati tampilan selanjutnya seperti berikut :
Cara Install dan Penggunaan Mi Flash Tool Xiaomi Di Linux
Pada tahap ini kamu hanya perlu memilih mau installnya denan metode yang mana, sama halnya seperti kamu menginstallnya menggunakan Mi Flash Tool versi Windows. Untuk info tambahan saya mencobanya dengan menggunakan Xiaomi Redmi 4x.

Saya rasa sudah cukup jelas yah, jika ada yang belum dimengerti bisa kita bahas dikomentar, Selamat mencoba.
Referensi : https://forum.xda-developers.com/android/software/tool-miflash-linux-t3708847

0 Response to "Cara Install dan Penggunaan Mi Flash Tool Xiaomi Di Linux"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai topik pada Artikel ini, komentar akan saya balas ketika saya sedang tidak ada kesibukan lainnya.

Note : Jangan lupa untuk mengaktifikan centang Notify me pada kolom komentar, agar kamu mendapat notifikasi balasan dari saya langsung Via Email. Tks

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel