Cara Mengatur Tombol Print Screen Untuk Aplikasi Shutter

IwanBerbagi.com - Karena  saya sudah menggunakan full linux dilaptop saya, kemungkinan besar kedepannya saya akan share tips dan trik menggunakan linux, terutama distro yang saya gunakan yaitu linux mint.

Sebagai seorang blogger aplikasi untuk mengambil capture atau tampilan layar ini sangat saya perlukan guna menjelaskan artikel yang saya buat, dan juga sangat berguna ketika saya sedang ingin menjelaskan tentang pekerjaan.
Dalam contoh tutorial ini saya menggunakan Linux Mint 9 Cinnamon.
1. Pertama kamu masuk ke System Settings dan kamu masuk kebagian Hardware dan kamu pilih Keyboard.

2. Selanjutnya kamu ke menu Custom Shortcuts terus masuk ke shortcuts pada bagian bawah klik menu Add custom shortcut, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
Cara Mengatur Tombol Print Screen Untuk Aplikasi Shutter
3. Pada dialog box yang muncul kamu bisa konfigurasi sedikit agar bisa memfungsikan shutter ini sebagai default print screen aplikasi.
Cara Mengatur Tombol Print Screen Untuk Aplikasi Shutter
Setelah itu jangan lupa untuk klik "Add" setelah itu kamu perhatikan pada bagian Keyboard bindings dan kamu klik pada bagian unassigned (salah satu saja) selanjutnya kamu bisa tentukan tombol apa yang ingin kamu gunakan untuk print screen.
Cara Mengatur Tombol Print Screen Untuk Aplikasi Shutter
Saran saya gunakan tombol Print screen yang biasa kita gunakan seperti diwindows, dan akan terlihat seperti gambar diatas.

4. Berikut beberapa pengaturan agar fungsi aplikasi shutter bisa lebih dimaksimalkan lagi, sebenarnya kita bisa membuat custom shortcut seperti diatas itu lebih dari satu. Jadi kita bisa membuat kombinasi seperti ini :
  1. shutter -f untuk mengambil screenshot secara full screen.
  2. shutter -w untuk mengambil screenshot beberapa lokasi yang kamu inginkan saja.
Secara keseluruhan kamu akan bisa membuat nya seperti berikut, dengan langkah yang sama seperti langkah nomor 3 tadi.
Cara Mengatur Tombol Print Screen Untuk Aplikasi Shutter
Jadi intinya untuk kombinasi tombolnya bisa kamu sesuaikan sendiri, kalau saya lebih suka pakai kombinasi CTRL+Print ataupun SHIFT+Print jadi bisa sesuaikan dengan kebutuhan saya sendiri ketika ingin mengambil capture.

Saya harap kamu mengerti artikel ini jika ada yang kurang dimengerti bisa kita bahas dikomentar, dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengatur Tombol Print Screen Untuk Aplikasi Shutter"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai topik pada Artikel ini, komentar akan saya balas ketika saya sedang tidak ada kesibukan lainnya.

Note : Jangan lupa untuk mengaktifikan centang Notify me pada kolom komentar, agar kamu mendapat notifikasi balasan dari saya langsung Via Email. Tks

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel