Update WhatsApp Perihal Penyimpanan History Chat Di Google Drive

IwanBerbagi.com - WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan saat ini terkait juga dengan telegram yang biasa saya gunakan untuk komunikasi kerja. Dulu saya pengguna BBM namun semakin kesini saya makin tinggalkan BBM karena teman-teman saya juga mulai beralih ke WhatsApp.

Kembali ke judul pembicaraan kita kali ini, seperti yang kita tahu untuk penyimpanan history chat menggunakan akun google yang lebih tepatnya menggunakan Google Drive. Namun disini pihak Google dan WhatsApp telah membuat kesepakatan baru perihal ketentuan penyimpanan ini.
Peyimpanan history WhatsApp dulu mengurangi kuota Google Drive, namun di ketentuan yang baru tidak akan mengurangi penyimpanan tersebut.
Saya rasa kamu pengguna WhatsApp pasti sudah mendapat email dari google seperti berikut :
Update WhatsApp Perihal Penyimpanan History Chat Di Google Drive
Dari Email tersebut ada beberapa catatan penting yang harus kamu lakukan agar kamu tidak kehilangan history kamu di WhatsApp.

1. Pastikan Kamu Setting Bakup Otomatis

Untuk menghindari hilangnya history WhatsApp kamu, kamu perlu untuk setting Backup otomatis di pengaturan WA kamu, caranya sebagai berikut :
  1. Cari 3 titik di kanan atas WhatsApp kamu, selanjutnya pilih menu Settings, pada tampilan selanjutnya pilih Chats.
  2. Selanjutnya kamu masuk ke menu Chat backup, jika kamu belum connect ke akun google kamu bisa connect terlebih dahulu, lihat bagian Google Drive settings.
  3. Pada bagian Backup to Google Drive kamu sesuaikan saja, biar tidak terlalu mengganggu saya buat Weekly saja, atau kamu bisa sesuaikan sendiri.
  4. Bagian Back up Over pastikan kamu pilih Wi-Fi only saja jika memang memungkinkan kamu untuk terkoneksi internet dalam satu minggu, ini demi menghemat kuota kamu.
Sisanya bisa kamu sesuai sendiri dengan kebutuhan kamu sendiri.

2. Pentingnya backup secara Manual

Pada tips nomor 1 tadi bisa kamu perhatikan itu menggunakan pengaturan akan di bakup selama satu minggu sekali, jadi jika kamu ingin install ulang handphone ataupun takut data chat kamu hilang kamu bisa backup secara manual.

Caranya sama dengan tips nomor 1 tadi namun kamu hanya perlu klik backup secara manual di pengaturan tersebut, dan proses backup akan dimulai. Memperhatikan email dari Google tadi maka kamu perlu untuk backup manual ini sebelum tanggal 12 November 2018.

Karena jika tidak kamu lakukan, dan kamu belum melakukan pengaturan backup seperti langkah pertama tadi lebih dari satu tahun, akan dapat dipastikan kamu kehilangan data chat kamu.

3. Kesimpulan Email dari Google

Kesimpulannya kita hanya perlu melakukan Backup, walaupun sebagian orang menganggap ini tidak penting namun menurut saya ini sangat penting, dan akan terasa penting ketika kita mulai berganti device ataupun hanphone baru.

Karena history chat seperti foto itu yang penting, karena suatu saat pasti kita ingin melihat kembali foto-foto yang sudah lama. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Update WhatsApp Perihal Penyimpanan History Chat Di Google Drive"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai topik pada Artikel ini, komentar akan saya balas ketika saya sedang tidak ada kesibukan lainnya.

Note : Jangan lupa untuk mengaktifikan centang Notify me pada kolom komentar, agar kamu mendapat notifikasi balasan dari saya langsung Via Email. Tks

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel