Ubuntu Budgie Sangat Rekomendasi Untuk Pemula Yang Migrasi Ke Linux

IwanBerbagi.com - Saya sudah 6 bulan menggunakan sistem operasi linux lebih tepatnya saya menggunakan sistem operasi keturunan dari Ubuntu, atau sekarang kamu lebih mengenalnya yaitu Ubuntu Budgie.

Banyak hal yang bisa saya rekomendasikan di Ubuntu Budgie ini, yang paling saya sukai adalah kemudahannya dalam ngoprek tampilannya agar lebih sesuai dengan selera. dan beberbagai Applet Tools serta Theme Store yang bisa didownload secara gratis dan cari yang lebih sesuai dengan selera.
Ubuntu Budgie Sangat Rekomendasi Untuk Pemula Yang Migrasi Ke Linux
Pada artikel ini saya akan cerita 3 hal penting berikut :
  1. Budgie Desktop Settings
  2. Applet Tools
  3. Theme Store
Setidaknya tiga fitur tersebutlah yang sangat saya sukai, karena dengan fitur tersebut saya bisa lebih menyesuaikan tampilan desktop untuk kegiatan saya sehari-hari. 
Karena dalam pemikiran saya, kalau tampilan desktop sudah sesuai dengan apa yang kita kehendaki, maka kitapun bisa lebih nyaman dalam menggunakan desktop laptop kita itu untuk pekerjaan sehari-hari.

1. Budgie Desktop Settings

Ubuntu budgie memiliki aplikasi khusus yang bisa kita gunakan untuk custom tampilan laptop kita sendiri, dan dalam aplikasi ini kamu bisa lebih mudah mengoperasikannya karena tampilannya yang juga sangat baik.
Ubuntu Budgie Sangat Rekomendasi Untuk Pemula Yang Migrasi Ke Linux
Dalam aplikasi ini kamu bisa dengan mudah untuk mengeksplore tampilannya karena dibagi menjadi beberapa tweak diantaranya :
  1. Style - Disini kamu bisa dengan mudah menyesuaikan Widgets, Icons, Cursors, dan beberapa efek yang bisa kamu sesuaiakn sendiri.
  2. Desktop - Disini kamu bisa menyesuaikan apa saja yang boleh tampili di desktop kamu, kalau saya lebih suka tampilan yang bersih kebih tepatnya tidak ada apa-apa didesktop.
  3. Fonts - Disini kamu bisa mengatur jenis font apa yang ingin kamu gunakan.
  4. Raven - Kamu bisa cek sendiri disini bisa kamu setting apa saja, karena saya pribadi cuma mengatur volume saja.
  5. Create new panel - Kamu bisa menambahakan panel sebanyak yang kamu butuhkan, kalau saya pribadi saya menyukai dua panel, satu bagian atas untuk menu, dan yang bawah untuk membuka tutup apps dengan cepat.
  6. Autostart - Disini kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang kamu izinkan untuk bisa berjalan langsung ketika laptop baru kamu hidupkan pertama kali.
Dan tentunya fitur-fitur tersebut tidak akan berarti kalau kamu tidak memaksimalkannya dengan sebaik mungkin.

2. Applet Tools

Budgie Applet atau yang saya sebut sebagai Applet Tools yang berfungsi untuk menambah berbagai tools atau fitur tambahan yang akan sangat membantu dalam menyesuaikan tampilan desktop kamu sendiri.
Ubuntu Budgie Sangat Rekomendasi Untuk Pemula Yang Migrasi Ke Linux
Untu mengaturnya kamu bisa masuk ke menu Open Raven - Budgie Settings -Panel to Add Applets.

Pada tools Applet ini kamu bisa memilih berbagai tools applets tambahan, fitur yang sering saya gunakan diantaranya :
  1. Global Menu Applet - Bisa menampilkan menu bawaan aplikasi agar bisa lebih mudah kita akses, tanpa harus tampil pada menu pada aplikasi itu, jadi akan muncul langsung di panel nya.
  2. Quicknote Applet - Disini kita bisa membuat catatan secara cepat tinggal klik di mana kamu ingin meletakkannya.
  3. Calendar Applet - Ini biasa saya megganti calender panel yang menurut saya kurang menarik tampilannya.
Jika kamu bingung dalam penerapannya kita bisa membahasnya di komentara yah, kita lanjut ke bahasan selanjutnya.

3. Theme Store

Yang terakhri adalah theme store, ini sangat bagus untuk kamu yang suka oprek-oprek tampilan pada desktop kamu. Karena Ubuntu Budgie sudah menyediakan berbagai Theme yang sangat menarik dan bisa menjadi pilihan kamu.
Ubuntu Budgie Sangat Rekomendasi Untuk Pemula Yang Migrasi Ke Linux
Untuk mengatur menu ini kamu bisa langsung apply ketika kamu mendownload themenya di theme store tersebut, namun kamu bisa custumize di Menu Budgie Desktop Settings disana kamu bisa memilih dan sesuaikan langsung disana.

Ubuntu budgie ini menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin menggunakan linux namun masih terkendala di interface. Dan juga dalam penggunaan saya selama 6 bulan belakangan ini Ubuntu budgie memang sangat ringan dan memenuhi segala kebutuhan saya dalam sebuah sistem operasi berbasi open source.

Selamat mencoba.

0 Response to "Ubuntu Budgie Sangat Rekomendasi Untuk Pemula Yang Migrasi Ke Linux"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai topik pada Artikel ini, komentar akan saya balas ketika saya sedang tidak ada kesibukan lainnya.

Note : Jangan lupa untuk mengaktifikan centang Notify me pada kolom komentar, agar kamu mendapat notifikasi balasan dari saya langsung Via Email. Tks